INDONESIAN younger POPULARITY

Monday, April 12, 2010

Sekilas tentang Pasar Uang

KASUS PASAR UANG

Menelisik tentang kabar yang sering di perbincangkan, masalah uang terus menjadi tokoh utama dalam masa ini.

sebut saja kasus Pajak, yang sekarang sedang di selidiki dan di teliti kebenarannya.
mengenai hal itu,saya sedikit ingin mengilas kasus yang pernah saya baca, tentang pasar Uang.

Pengembangan Sistem Pembayaran Pasar Uang Terintegrasi : studi kasus pada PT. Bank BNI
Masalah :
Suatu kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat maupun antar lingkungan Perbankan terhadap satu Bank merupakan faktor yang dominan bagi kelangsungan hidup suatu Bank. Berkurangnya kepercayaan dari pihak luar sangat berpengaruh terhadap image Bank itu sendiri, sehingga kepercayaan yang telah tumbuh dan berkembang harus dipertahankan semaksimal mungkin guna menjaga kelangsungan hidup Perusahaan.
Dalam industri perbankan berkurangnya suatu kepercayaan terhadap satu Bank dapat berakibat fatal, karena dengan berkurangnya kepercayaan tersebut dapat mengakibatkan penarikan dana secara besar besaran, baik dari nasabah maupun dari Bank - Bank lainnya, sehingga menganggu operasional Perusahaan dan dapat mengakibatkan bangkrutnya Bank itu sendiri. Salah satu transaksi yang mempunyai tingkat kepercayaan yang sangat tinggi adalah transaksi Penempatan antar Bank di Pasar Uang, dimana pada transaksi ini tidak diperlukan suatu jaminan yang dapat menjamin transaksi penempatan dana maupun transaksi pinjaman dana antar Bank yang telah dilakukan sehingga apabila dikemudian hari akan timbul suatu masalah dikarenakan ketidak mampuan suatu Bank untuk mengembalikan dana atas transaksi yang telah berlangsung maka bagi Bank yang telah melakukan transaksi dianggap sebagai suatu beban kerugian.
Peran dan fungsi Kelompok Penyelesaian Transaksi pada PT Bank BNI sangat besar terhadap kepercayaan yang diberikan dari pihak luar, karena peran dan fungsi Kelompok Penyelesaian Transaksi ini bertugas menyelesaiakan transaksi yang dilakukan oleh seorang Dealer (pelaku transaksi) dari transaksi penempatan dana maupun pinjaman dana antar Bank di Pasar Uang, baik dari segi pembukuan, pelaporan dan yang terutama adalah dari segi pembayaran, karena pembayaran ini berhubungan langsung dengan pihak luar PT Bank BNI. Apabila pembayaran yang dilakukan tepat waktu dan tidak pernah melakukan kesalahan maka tingkat kepercayaan yang diperoleh sangat baik. Sebaliknya apabila pembayaran yang dilakukan sering mengalami keterlambatan maupun tingkat kesalahan yang tinggi maka kredibilitas dari PT Bank BNI di mata Bank lain akan menurun.
Sistem pembukuan dan pelaporan pada saat ini yang dilakukan oleh Kelompok Penyelesaian Transaksi PT Bank BNI telah dilakukan secara otomatis, dimana setelah Dealer (pelaku transaksi) melakukan transaksi melalui REUTERS dan telah langsung dikonversi ke STORM (Strategic Treasury Risk Management System) maka secara otomatis semua transaksi langsung masuk kedalam sistem pembukuan dan pelaporan pada Kelompok Penyelesaian Transaksi yang dinamakan dengan BOSS Online, sehingga tidak perlu dilakukan penginputan kembali atas transaksi - transaksi yang telah terjadi. Untuk sistem pembayaran yang dilakukan oleh Kelompok Penyelesaian Transaksi pada saat sekarang masih dilakukan secara manual yaitu masih dilakukan pemasukan data kembali atas transaksi yang telah dilakukan oleh Dealer (pelaku transaksi) kedalam sistem pembayaran yang dinamakan dengan SWIFT (Society Wordwide Interbank Funds Transferred). Dengan adanya pemasukkan data - data transaksi kembali kedalam sistem SWIFT untuk melakukan pembayaran maka pada saat sekarang masih diketemukan kesalahan yang dilakukan oleh pengguna hal ini dapat dilihat dari klaim/denda yang dilakukan oleh Nasabah kepada PT Bank BNI sehingga akan berpengaruh terhadap pendapatan Perusahaan, karena dengan adanya kesalahan yang dilakukan oleh pengguna, baik karena kesalahan atas pencantuman nama penerima, kesalahan tanggal transaksi, kesalahan jumlah yang dikirimkan maupun kesalahan Nostro penerima dalam menginputan data, maka segala kesalahan tersebut akan mengakibatkan keterlambatan suatu pembayaran yang menimbulkan suatu klaim/denda bagi PT Bank BNI sehingga berpengaruh terhadap pendapatan Perusahaan dan kinerja Perusahaan.

Penyelesaian :
Dengan melihat kenyataan bahwa sistem pembayaran yang ada sekarang masih dilakukan secara manual, maka perlu dilakukan integrasi sistem pembayaran kedalam sistim Boss online sehingga nantinya pengguna tidak perlu menginput kembali transaksi yang telah terjadi. Dimana dengan adanya integrasi sistem tersebut pengguna tinggal melakukan pengambilan data dan melakukan otorisasi atas transaksi yang akan dibayarkan kepada Nasabah sehingga kesalahan dapat diminimalisasi.
Apabila integrasi sistim pembayaran telah dilakukan, maka akan sangat berpengaruh terhadap kinerja Perusahaan, hal ini dapat dilihat dari segi intern Perusahaan maupun dari segi ekstern Perusahaan. Dari segi intern Perusahaan bahwa adanya integrasi sistem maka akan menghilangkan satu langkah kerja yaitu penginputan data kembali yang akan dilakukan pembayaran, sedangkan dilihat dari segi ekstern Perusahaan dapat dilihat dari tingkat kepercayaan Nasabah terhadap Perusahaan, karena tingkat kesalahan yang terjadi sangat kecil, dimana Otomasi sistim pembayaran akan menghasilkan data yang lebih akurat dan yang paling penting bahwa biaya Perusahaan dapat diminimalisasikan karena dengan tingkat kesalahan yang sedikit maka jumlah klaim / denda yang diterima akan berkurang.
Saran agar integrasi sistem ini dapat dilakukan secara maksimal maka otomasi tersebut agar diperkenalkan terlebih dahulu kepada pengguna. Dengan demikian pengguna dapat mengoperasikan secara maksimal, ketelitian pengguna perlu ditingkatkan karena didalam otomasi pembayaran semua transaksi secara otomatis masuk kedalam sistem pembayaran yaitu Boss online sehingga perlu dilakukan pengecekan kembali atas semua data transaksi yang dilakukan oleh Dealer (pelaku transaksi) dengan data transaksi pembayaran yang ada pada otomasi pembayaran.


Daftar Pustaka :
• Google.com
• http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-haryotobas-766


thank you^^

0 Comments:

Post a Comment



Template by:
Free Blog Templates